Selasa, 22 Juli 2008

PAUD TAMAN BELIA CANDI SEBAGAI PUSAT UNGGULAN





PAUD Taman Belia Candi dapat dijadikan sebagai pusat pendidikan unggulan tingkat provinsi dikarenakan adanya fasilitas serta sarana dan prasarana yang mendukung. Metode yang telah diberlakukan di Universal PG & PS Taman Belia Candi yaitu dengan metode BCCT telah terbukti dapat menciptakan siswa yang kreatif dan berani. Siswa dapat menentukan sendiri apa yang mereka inginkan serta mengerjakan sesuatu hal sesuai dengan kemampuan diri mereka masing-masing. Siswa juga dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, mereka dapat berkomunikasi dengan baik, dengan teman sebaya maupun dengan orang tua.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Universal PLAYGROUP & PRESCHOOL TAMAN BELIA CANDI (PAUD) sebagai PAUD Inovatif tingkat Nasional dan pusat magang. Fasilitas lain yang dimiliki sekaligus sebagai penunjang adalah dengan adanya POS PAUD yang diperuntukkan bagi masyarakat sekitar golongan ekonomi menengah ke bawah.

Seluruh Pendidik di Universal PLAYGROUP & PRESCHOOL TAMAN BELIA CANDI (PAUD) juga telah mengikuti berbagai macam program pelatihan, baik di tingkat kota, provinsi maupun Nasional. Hal tersebut ditujukan agar pendidik memiliki kualitas yang baik dengan berbekal ilmu pengetahuan yang selalu berkembang.
Disamping itu, juga telah digunakan sebagai tempat studi banding dari lembaga PAUD lain serta pusat magang (dari pemerintah maupun swadaya) bagi tenaga pendidik PAUD di Jawa Tengah.

Senin, 21 Juli 2008

Taman Belia

A. LATAR BELAKANG

Pendidikan anak usia dini memegang peranan yang sangat penting dan menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya, sebab Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fondasi bagi dasar kepribadian anak. Anak yang mendapatkan pembinaan sejak usia dini akan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, yang itu akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar, etos kerja dan produktivitas. Pada akhirnya anak lebih mampu untuk mandiri dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki.

Ditinjau dari perkembangan otak manusia, maka tahap perkembangan otak pada usia dini menempati posisi yang paling vital, yakni mencapai 80% perkembangan otak. Untuk menuju kesempurnaan perkembangan otak manusia, 50% dicapai hingga usia 4 tahun, 80% hingga usia 8 tahun dan selebihnya diproses hingga anak usia 18 tahun. Dengan demikian usia 0-8 tahun memegang peranan yang sangat besar karena perkembangan otak mengalami lompatan dan berjalan demikian pesat. Oleh karena itu usia dini juga disebut “Golden Age”, usia emas, karena perkembangannya yang luar biasa.

Pendidikan anak usia dini juga dapat dijadikan sebagai cermin untuk melihat bagaimana keberhasilan anak di masa mendatang. Anak yang mendapatkan layanan yang baik semenjak usia 0 tahun hingga usia 8 tahun memiliki harapan lebih besar untuk meraih keberhasilan di masa mendatang. Sebaliknya anak yang tidak mendapatkan pelayanan pendidikan yang memadai membutuhkan perjuangan yang cukup berat untuk mengembangkan kehidupan selanjutnya.

Setiap anak akan melalui tahapan-tahapan perkembangan yang umumnya berlangsung secara berurutan, terus-menerus dan dalam waktu perkembangan tertentu yang relatif sama. Stimulasi yang didapatkan oleh anak usia 0 – 8 menjadi hal yang sangat penting dalam tumbuh kembang mereka karena stimulasi dapat berfungsi sebagai penguat dan berguna bagi perkembangan anak.

Saat ini, kesadaran akan pentingnya pendidikan usia dini semakin marak di mana-mana. Namun demikian, pendidikan pra-sekolah seharusnya dikembalikan pada kepentingan anak itu sendiri dengan prinsip “ the best interest of the child”, Yaitu suasana bermain yang menyenangkan, memahami anak secara individual, menciptakan suasana kreatif yang memungkinkan anak dapat mengekpresikan berbagai gagasannya secara bebas. Disamping itu, pada dasarnya setiap anak cerdas dan ceria. Masing-masing memiliki kecerdasan uniknya sendiri yang membutuhkan kemampuan untuk mengenali dan mengembangkan kecerdasan majemuk (multiple intellegency) anak-anak kita. Selain itu perencanaan yang matang dan profesionalisme yang tinggi sangat diperlukan dalam hal ini.

Yayasan Putri Ibu yang menyelenggarakan satu lembaga pendidikan pra-sekolah yang mengkhususkan diri pada bimbingan kelompok bermain untuk anak di bawah 6 tahun dengan nama Universal PLAYGROUP & PRESCHOOL TAMAN BELIA CANDI (PAUD), mencoba turut serta berpartisipasi menggali dan mengembangkan kecerdasan anak tersebut berdasarkan kebutuhan anak dengan komitmen terhadap anak. Universal PLAYGROUP & PRESCHOOL TAMAN BELIA CANDI (PAUD) mencoba berusaha turut serta ambil bagian menyediakan lingkungan yang memungkinkan anak mengembangkan bakat dan kemampuannya sedini mungkin dengan program bimbingan dan fasilitas yang disesuaikan dengan usia perkembangan anak.


B. VISI DAN MISI LEMBAGA

VISI

“Menumbuhkan dan mengembangkan seluruh potensi diri anak melalui program bermain sambil belajar”


MISI
  • Memahami potensi diri anak.
  • Membantu mengembangkan potensi diri anak dengan memperhatikan keunikan mereka.
  • Menstimulasi anak untuk berprestasi dan berkreasi.
  • Bersama mewujudkan pertumbuhan fisik, mental, emosional dan spiritual yang seimbang pada peserta didik.
  • Membantu peserta didik untuk menjadi pribadi yang sehat, cerdas dan ceria serta berbudi luhur.

MOTTO

“Get the Best Future with Playing and Learning Programme “

KONSEP YANG DIANGKAT


“Multiple Intelligences
“Playing by learning”
“Learning by doing”
“Doing with experience”
“Creative play”
“Individual approach”


C. TUJUAN

Tujuan yang ingin dicapai

TUJUAN UMUM
  • Menyelenggarakan pendidikan prasekolah yang berkualitas tinggi disesuaikan dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Ikut serta berpartisipasi terhadap lingkungan sekitar, terutama dalam hal pengembangan layanan untuk anak usia dini yang belum mendapatkan stimulasi sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya.
  • Melayani anak usia dini dari masyarakat sekitar dan masyarakat dari golongan ekonomi lemah guna memperoleh pendidikan yang layak.

TUJUAN KHUSUS

  • Membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, ketrampilan, daya cipta dan moral spiritual, yang diperlukan anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan.
  • Membantu menumbuhkan dan mengembangkan minat, bakat dan ketrampilan anak sesuai dengan tingkat perkembangannya

    Aspek yang ingin dikembangkan:
  1. Kognitif
  2. Seni
  3. Fisik
  4. Moral
  5. Bahasa
  6. Sosial emosi
  7. Ketrampilan hidup (life skill)